Mengenal Fenomena Bandwagon Effect, Prodi BKI Adakan Konsorsium

Blog Single

Guna mengenali fenomena Bandwagon Effect, maka prodi Bimbingan Konseling Islam (BKI) IAIN Kudus mengadakan konsorsium bersama narasumber Dr. Saliyo, S.Ag., M.Si. serta dimoderatori oleh Ahmad Nafi’, M.Pd. Acara ini diselenggarakan pada Selasa, 31 Januari 2023 pukul 09.00 WIB di Ruang Meeting FDKI dan melalui online Zoom Meeting.

Narasumber Saliyo menyampaikan Bandwagon Effect adalah suatu kondisi efektor, dimana orang memiliki kecenderungan untuk mengikuti suatu tren itu.

“Fenomena ini terjadi hanya karena semua orang melakukannya. Mulai dari gaya hidup, cara bicara, bahkan belanja online. Tren, meski kadang dilakukan tanpa sengaja," imbuhnya.

Lebih lanjutnya, Saliyo mengatakan bahwa Fenomena Bandwagon Effect ini memiliki beberapa efek, diantaranya comfornity yaitu kecenderungan individu untuk mengubah pendapat perseptor. Kemudian, keyakinan untuk mencocokkan harapan orang lain serta kecenderungan seseorang untuk belajar tentang produk atau layanan dengan menyamai orang lain. (Maidah)

Share this Post1: